Tips Aman Dari Sopir Truck Trailer Untuk Motor / Mobil

Tips Aman Dari Sopir Truck Trailer Untuk Motor Mobil

Tips Aman Dari Sopir Truck Trailer Untuk Motor Mobil

Tips Aman Dari Sopir Truck Trailer Untuk Motor / Mobil – Berkendara sesuai aturan yang berlaku dan mentaati rambu – rambu lalu lintas, belum tentu bisa menghindarkan kita dari kecelakaan yang fatal. Itu dikarenakan tidak semua memahami aturan yang ada, misalnya kita yang taat aturan, pengendara lain belum tentu.

Apalagi kalau kita mengendarai sepeda motor, pasti akan lebih besar kesempatan kecelakaan dari pada yang lainnya, kenapa bisa? karena dilihat dari bentuknya saja, motor hanya mempunyai dua roda, dan bisa berkelak – kelok di celah antara mobil dan truck besar, bisa leluasa mendahului kendaraan lain tanpa hambatan.

Tidak motor tidak mobil, semuanya harus berhati – hati ketika berkendaraa bersama dengan truck – truck besar, apalagi yang gandengan. Banyak terjadi lakalantas yang disebabkan oleh truck besar tersebut. Tetapi belum tentu sopir bus / truck besar tersebut yang salah, justru banyak juga yang salah adalah pengemudi motor atau mobilnya, namun sopir truk segede gaban tersebut tetap menjadi salah.

Untuk itu, bagaimana seharusnya kita menyikapi kalau kita berjalan bersama truck atau bus besar?? berikut ini saya mendapatkan tips dari seorang sopir truck yang sudah berpengalaman.

1. Jangan pernah berhenti mendadak di depan truk bermuatan berat dibawah 12 meter

Hal ini sesungguhnya anda sudah menghampiri laka yang bisa saja merenggut nyawa anda. Jika tidak, maka kendaraan atau orang disekitar anda yang akan kena imbasnya. Truck besar harus mempunyai waktu untuk melakukan pengereman hingga berhenti, berbeda dengan motor atau mobil, bahkan mobil pun kadang juga sama.

2. Jaga Jarak

Jika anda berada di belakang kendaraan apa saja, jangan pernah mepet, sisa kan jarak sekitar 50 – 100 Meter. Itu sangat berguna jika tiba – tiba kendaraan yang ada didepan ngerem atau berhenti mendadak, anda masih punya space untuk melakukan pengereman yang halus, tanpa merugikan yang ada dibelakang anda, yang bisa saja kalau anda sama-sama mengerem mendadak, maka akan merugikan yang dibelakang.

Hal ini juga berguna agar anda tidak nabrak kendaraan tersebut.

3. Perlu Perhitungan Matang kalau mau mendahului

Ini sangat penting, karena kalau kita akan mendahului truk / bus besar yang mempunyai panjang belasanĀ meter, perlu perhitungan yang matang. Apalagi jalannya berlaku dua arah, sangat rawan terjadi kecelakaan jika mendahului.

Sebagai contoh, misalnya panjang truk 12 meter, panjang mobil anda 4 meter, itu artinya kamu harus punya space untuk mendahului truck adalah 4-5 X panjang mobil anda.

Note: Kalau anda pengguna motor, jangan ragu ketika mendahului, percaya bahwa anda bisa melakukannya. Jangan pernah pelan saat nyalip kendaraan segede gaban, lebih cepat lebih baik :). Karena kalau kita pelan, bisa saja malah oleng dan masuk ke kolong truck!

4. Perhatikan Lampu Sein Truck / bus

Kalau truck atau bus memberikan lampu sein ke kanan, berarti akan ada kendaraan yang akan datang dari arah tersebut, atau mereka akan belok kekanan. Jangan sekali – kali untuk mendahului, bisa saja anda akan terhimpir badan truk / kontainer nya, karena truck sangat kecil kemungkinan untuk melakukan banting stir, justru bisa saja truck malah yang kena imbasnya.

Ketika truck memberikan lampu sein ke kiri dan lampu rem menyala, segera kamu kasih sein ke kanan dan silahkan mendahului, sopir truk sudah paham, kalau sudah kamu dahului, jangan segan untuk memberikan klakson dua kali, sebagai tanda ucapan terima kasih šŸ˜€

5. Selalu hidup kan lampu belakang (rem) dan jangan menggunakan lampu Putih /Ā bikin silau

Hal yang sepele namun sangat berguna, kalau motor atau mobil anda, lampu rem tidak menyala, bisa saja sopir bus / truckĀ tidak sengaja menyeruduk truck atau mobil yang anda kemudikan.

Kesimpulannya, jangan pernah main – main dengan kendaraan bus atau truck besar, karena bisa saja anda yang menjadi korbannya. Apalagi kalau klakson truck / bus sudah dibunyikan ke arah anda, itu berarti tanda kalau anda sedang dalam bahaya lebih baik minggir dan jangan ambil resiko. Ingat badan mereka besar dan berlipat lipat dari kendaraan pribadi anda.

Tambahan,
Jangan pernah melupakan Tuhan, selalu berdoa sebelum berkendara, semoga kita diberikan keselamatan sampai ke tempat tujuan šŸ™‚

Referensi: kaskus

No Response

Leave a reply "Tips Aman Dari Sopir Truck Trailer Untuk Motor / Mobil"