Konsep Volvo SuperTruck Kurangi Konsumsi Bahan Bakar 70 Persen

Konsep Volvo SuperTruck Kurangi Konsumsi Bahan Bakar 70 Persen – Belum lama ini Volvo Trucks USA telah merilis sebuah video baru tentang konsep truk SuperTruck yang telah mencapai peningkatan sebanyak 70 persen dalam ekonomi bahan bakar. Truk tersebut sangat aerodinamis yang tidak mempunyai cermin sisi merupakan hasil dari lima tahun pembangunannya lewat Departemen AS dari Energy Program SuperTruck Sejak memulai proyeknya di tahun 2011.

volvo-supertruck-indonesia

Departemen Program SuperTruck Energy AS merupakan kemitraan publik-swasta bagi modal, yang bersama mempromosikan penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan efisiensi Truk Traktor Trailer angkutan hauling heavy-duty kelas 8 Jarak jauh. Program ini bertujuan untuk membantu mempercepat berkembangnya teknologi efiensi canggih yang saat ini tidak tersedia dipasar. (BACA: Foton Luncurkan Line-Up SuperTruck)

volvo-supertruck-aerodinamis

Konsep Truk Volvo SuperTruck ini dirancang dan dibangun dengan menggunakan pendekatan kendaraan secara lengkap, pengoptimalan traktor, trailer dan powertrain untuk bekerja sama sebagai satu sistem yang sangat efisien.

Volvo telah menciptakan sebuah truk hemat bahan bakar yang ultra untuk program Department of Energy (DOE) SuperTruck, dengan tujuan secara dramatis meningkatkan efisiensi pengiriman dan mengurangi emisi karbon mendorong batas-batas efisiensi bahan bakar untuk traktor Kelas 8 di Jalan raya.

Hal yang ditingkatkan adalah pencapaian efisiensi Melebihi 12 mil per Galon bahan bakar dalam tes jalan, Efisiensi pengiriman 88 persen lebih besar dibandingkan dengan tujuan sasaran DOE 50 persen, serta bahan bakar 70% persen lebih efisien dibandingkan dengan baseline model Volvo VNL 670 tahun 2009.

konsep-volvo-supertruck-kurangi-konsumsi-bahan-bakar-70-persen

Truk ini didesain dan dibangun dengan perhitungan yang matang, dengan memanfaatkan bahan yang ringan dan kuat.

1. Bingkai dirakit dengan bahan Alumunium

Sasis Volvo SuperTruck ini hampir seluruhnya dibuat dari Aluminium, hanya baut yang menyatukannya adalah baja. Sasis aluminium ini hampir setengah dari berat baja tradisional, sehingga mempunyai dampak terbesar pada berat kendaraan.

2. Composite Aero Devices 

Trailer Aerodinamis add-on fairings rendah dan meminimalkan hambatan untuk mengurangi darmatis dalam biaya bahan bakar. Perangkat yang diciptakan oleh mitra SuperTruck yaitu Ridge Corp, dibangun dari bahan komposit canggih untuk kekakuan maksimal dan daya tahan.

3. Fiber Karbon

Seluruh atap, kap mesin dan sisi fairing terbuat dari bahan serat karbon dengan rasio kekuatan ke berat maksimal. Volvo secara bersamaan bekerja untuk mengembangkan material komposit baru dengan sifat yang mirip dengan biaya lebih rendah, seperti serat karbon daur ulang.

Selain itu, terdapat juga Inovasi yang terinpirasi dalam truk Volvo Supertruck ini, yaitu;

1. Turbo Compounding

turbo-compounding-volvo-supertruckProgram SuperTruck ini diaktifkan oleh Insinyur Volvo untuk memperbaiki mekanisme dan aerodinamis dari geartrain baru dan turbin, memastikan efisiensi maksimal dalam “Sweet Spot” untuk solusi powertrain terpadu Volvo. Sebuah sistem peracikan turbo baru ini dirancang untuk memulihkan energi yang biasanya terbuang pada mesin  Volvo D13 2017 dengan Turbo Compounding, membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 6,5 persen.

Piston gelombang dipatenkan, bekerja dalam kombinasi dengan perangkat tambahan mesin volvo lainnya, yang bisa memberikan ekonomi bahan bakar hingga 2,2 persen untuk D11 dan 2,5 persen untuk mesin D13.

2. Wave Piston

wave-piston-volvo-supertruckProgram Supertruck adalah penelitian yang luas dari ruang bakar yang khas dan insinyur Volvo berkesempatan untuk menguji desain piston baru. Desain baru ini menambahkan gelombang benjolan pada sisi mangkuk piston, yang memungkinkan bahan bakar untuk membakar lebih bersih.

3. Common-Rail Fuel Injection System

common-rail-fuel-injection-systemLewat program SuperTruck ini, sistem injeksi bahan bakar dioptimalkan untuk mencocokan piston gelombang baru. Pengujian mesin dan simulasi yang menyebabkan injector dengan laju alir ditingkatkan, sudut semprotan dan karakteristik tekanan yang memungkinkan mesin untuk beroperasi lebih tenang dan membakar bahan bakar lebih efisien.

Sistem injeksi Common-rail ini terbukti disesuaikan dengan mesin Volvo D11 2017 dan D13. Hal tersebut memungkinkan tekanan injeksi yang lebih tinggi, yang meningkatkan pembakaran dan memungkinkan untuk kontrol lebih baik dari injeksi.

Volvo SuperTruck ini dibangun dalam Kerjasama dengan US Department Of Energy, Exxon Mobil, Grote, Metalsa, Michelin, Michigan Engineering, PennState, dan Ridge. Yuk kita lihat video tentang Volvo SuperTruck dibawah ini

VIDEO KONSEP VOLVO SUPERTRUCK

Tags:
No Response

Leave a reply "Konsep Volvo SuperTruck Kurangi Konsumsi Bahan Bakar 70 Persen"