Fungsi Garis Kuning Di Persimpangan (Yellow Box Junction)

Fungsi Garis Kuning Di Persimpangan (Yellow Box Junction)

Fungsi Garis Kuning Di Persimpangan (Yellow Box Junction)

Kamu Harus Tau Fungsi Yellow Box Junction (YBJ) – Jalan raya yang ada di Indonesia berbeda dengan yang ada di Luar negeri, khususnya Amerika. Di Amerika banyak jalan raya di kota yang terdapat berbagai tulisan dan simbol yang tergambar di aspal, mulai dari logo sepeda, tulisan stop, dan simbol lainnya. Itu semua sudah ada juga di Indonesia, namun hal baru di jalan kota Indonesia adalah gambar kotak berwarna kuning di setiap perempatan ata persimpangan.

Untuk Yogyakarta, memang belum lama menggunakan kotak kuning atau yang sering di sebut YBJ (Yellow Box Junction). Tetapi untuk di kota jogja, bentuknya itu kotak dan ada silang ditengahnya.Tetapi sudah taukah anda para pengemudi truk dan bus tentang fungsi YBJ ini?

Ini adalah hal yang harus diketahui oleh semua pengemudi kendaraan. Akan saya jelaskan sedikit tentang fungsi dari Yellow Box Junction. YBJ merupakan marka jalan yang fungsinya untuk mengurai atau menghindari kemacetan yang parah. Jadi yellow box akan di implementasikan pada setiap persimpangan yang sering terjadi kepadatan lalu lintas.

Fungsi Yellow Box Junction

Fungsi Yellow Box Junction

Cara Kerja YBJ:

Ketika lampu Traffic Light (lampu lalin) sudah hijau, pengendara yang belum masuk kotak YBJ harus berhenti ketika sudah ada kendaraan lain di dalam kotak YBJ tersebut. Kita bisa berjalan maju jika kendaraan lain yang ada di dalam YBJ sudah keluar.

Sanksi Melanggar YBJ:

Jika anda memaksakan diri untuk tetap masuk ke dalam YBJ, padahal masih ada kendaraan lain didalamnya, maka kamu akan ditilang.

Sudah paham belum??
kalau kamu belum paham, langsung saja Simak video dibawah ini dengan seksama ya. Biar tidak ketilang polisi.

Menarik bukan?jadi intinya kita harus sabar menanti kendaraan yang sudah masuk ke dalam YBJ walaupun lampu sudah menyala hijau. Sabar tentu akan menghasilkan keselamatan dan anti kemacetan dan juga anti tilang. hehe.

Sesuai dengan penjelasan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan, pasal 287 (2) juncto Pasal 106 (4) huruf a, b tentang rambu-rambu lalu lintas dan berhenti di belakang garis stop, akan di ganjar kurungan dua bulan penjara atau denda Rp 500.000.

Jaman semakin maju, peraturan juga harus ganti yang baru. Semoga dengan adanya tambahan marka jalan seperti ini, kemacetan di kota besar, bisa terhindarkan. Semua bisa sukses jika setiap pengendara bisa mawas diri, dan tidak egois!!

No Response

Leave a reply "Fungsi Garis Kuning Di Persimpangan (Yellow Box Junction)"