Cara Mendapatkan Santunan Kecelakaan dari Jasa Raharja

Cara Mendapatkan Santunan Kecelakaan dari Jasa Raharja

Cara Mendapatkan Santunan Kecelakaan dari Jasa Raharja

Cara Mendapatkan Santunan Kecelakaan dari Jasa Raharja – Ketika kita mengalami kecelakaan pribadi atau dengan kendaraan lain, biasanya kita harus modal sendiri, baik untuk biaya ke rumah sakit, atau biaya ganti rugi. Namun pernahkan anda berfikir, bagaimana jika biaya yang kita tanggung besar, dan apakah pemerintah bisa membantu kita? jawabannya adalah bisa, yaitu melalui program asuransi Jasa Raharja. Sudah Tahu Jasa Raharja kan? seharusnya tau kan dulu pernah tayang berkali kali di tv untuk iklan layanan masyarakat.

Jasa Raharja atau PT JASA RAHARJA (Persero) adalah sebuah perusahaan asuransi BUMN yang didirikan sejak 28 Februari 1981 menurut akta nomor 49, namun sudah beberapa klai diubah dan ditambah, sehingga data akta pendirian nomor 18 tanggal 2 Oktober 2009. Tugas Jasa Raharja ini adalah memberikan pelayanan asuransi sosial kepada masyarakat.

Terus cara daftarnya gimana?

Cara Mendaftar Asuransi BUMN Jasa Raharja

Cara Mendaftar Asuransi BUMN Jasa Raharja

Untuk masalah ini, anda tidak perlu mendaftar, silahkan cek STNK milik anda sendiri, maka sudah secara otomatis pada STKN kendaraan bermotor anda pasti sudah ada data pembayaran SWDKLLJ. Lhoh apa itu? SWDKLLJ merupakan kepanjangan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Dengan membayar SWDKLLJ tersebut, maka secara tidak langsung kita sudah terdaftar dalam asuransi yang dikelola oleh negara tersebut (Jasa Raharja). Karena sudah tertulis jelas pada website Jasa Raharja yang berbunyi :

  1. Pemilik kendaraan :Pembayaran SW dilakukan secara periodik (setiap tahun) di kantor Samsat pada saat pendaftaran atau perpanjangan STNK
  2. Penumpang Ankutan Umum: “Setiap penumpang yang akan menggunakan alat transportasi umum membayarkan iuran wajib yang disatukan dengan ongkos angkut pada saat membeli karcis atau membayar tarif angkutan dan pengutipan ini dilakukan oleh masing-masing operator (pengelola) alat transportasi tersebut”

Tarif SWDKLLJ ini akan menyesuaikan kapasitas mesin kendaraan bermotor kita, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 36/PMK.010/2008 tanggal 26 Februari 2008, tarif sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan sudah ditetapkan sebagai berikut :

sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan

sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan

Nah, kalau kita sudah menyumbang, berarti kalau kita terkena musibah kecelakaan kita boleh meminta santunan dong? 
Iya bisa sobat, karena tujuannya memang itu. Jasa Raharja akan memberikan perlindungan kepada masyarakat melalui dua program asuransi. Yaitu Asuransi Kecelakaan penumpang angkutan umum (UU 33Tahun 1964) dan Asuransi TanggungJawab Menurut Hukum Terhadap Pihak Ketiga (UU 34Tahun 1964).

Kita wajib tau, berapa sih santunan yang akan kita dapatkan ketika kita mengalami musibah kecelakaan yang melibatkan kendaraan bermotor? Berdasarkan Peraturan Mentri Keuangan RI No.36&37/PMK.010/2008 Tanggal 26 Februari 2008, besaran santunan bagi korban kecelakaan lalu lintas darat/laut/udara:

Jumlah Santunan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Jasa Raharja

Jumlah Santunan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Jasa Raharja

Gimana Cara Mengajukan Santunan?

Cara untuk mendapatkan santunan dari Jasa Raharja itu sebenarnya sangat mudah, yaitu dengan melengkapi formulir yang sudah disediakan dan melengkapi data diri anda, lalu memastikan dukumen dan bukti-bukti untuk klaim sah dan lengkap. Selanjutnya dokumen akan diteliti dan proses pengajuan santunan akan dimulai. PASTIKAN anda meminta laporan polisi untuk mengurus Santunan Jasa Raharja ini lho.

Jika anda bingung, silahkan untuk  Menghubungi kantor Jasa Raharja terdekat atau bisa juga hubungi SMS center Jasa Raharja 0812-1050-0500

Untuk informasi selengkapnya seputar cara klaim santunan asuransi Jasa Raharja silahkan membaca langsung di website resminya yang ada disini www.jasaraharja.co.id/layanan

No Response

Leave a reply "Cara Mendapatkan Santunan Kecelakaan dari Jasa Raharja"