6 Truk Eropa Gunakan Teknologi Platoons Pertama Kali di Dunia

6 Truk Eropa Gunakan Teknologi Platoons Pertama Kali di Dunia – Teknologi yang semakin maju, membuat perusahaan truk juga ikut memajukan produknya dengan mengimplementasikan teknologi tersebut. Dalam dunia otomotif ada yang disebut dengan Teknologi Platoon (Peleton). Teknologi ini akan menghubung kendaraan satu dengan yang lain untuk meningkatkan kapasitas jalan. Jadi jika teknologi ini diaktifkan, maka akan membuat set, truk pertama akan menjadi pedoman truk-truk yang ada di belakangnya, baik ketika berbelok, nge-rem, nge-gas, dan akan mempertahankan jarak antara satu truk dengan truk yang lain dibelakang.

6 Truk Eropa Gunakan Teknologi Platoons Pertama Kali di Dunia

Truk-truk yang menggunakan teknologi Platooning ini maka akan disebut Smart Truck dengan kecerdasan buatan yang secara otomatis bergabung dan meninggalkan peleton. Sistem Jalan Raya Otomatis merupakan satu sistem dimana truk bisa mengorganisir diri kedalam peleton mulai dari 8 – 25.

Truk yang diimplementasikan teknologi Platoon pertama kali adalah truk-truk dari Eropa diantaranya ada Volvo Truck, DAF truck, Iveco, MAN Truck & Bus, Mercedes-Benz, dan Scania yang menjadi peserta dalam European Truck Platooning Challenge. Truk-truk yang berkompetisi ini nantinya akan menyeberangi perbatasan Eropa, melalui kota untuk mencapai tujuan akhir di Pelabuhan Rotterdam tanggal 6 April 2016.

Kompetisi European Truck Platooning Challenge ini diadakan oleh Belanda sebagai presiden dari Uni Eropa yang berinisiatif untuk mempercepat pengenalan truk Platoons  dengan menempatkan subjek yang tinggi pada agenda pembuat kebijakan Uni Eropa. Semua peserta truk tersebut bekerja dengan negara anggota, penyedia layanan logistik, operator jalan, jalan dan otoritas persetujuan kendaraan.

Kerjasama sangat penting untuk mencegah masing-masing negara menciptakan perubahan aturan yang bisa menghambat investasi di kendaraan otomatis dan terhubung ini.

Dengan teknologi ini ACEA (European Automobile Manufacturers’ Association) menyatakan dapat membantu membuat transportasi jalan lebih aman, bersih dan lebih efisien untuk masa depan. Dengan Platoons Technology, harus menghasilkan bahan bakar yang berkurang dengan truk yang aerodinamis dari dekat, serta mengurangi pengereman dan akselerasi.

Platoons mempunyai potensi untuk mengurangi emisi CO2 sampai 10 persen. Organisasi juga mengacu pada studi yang menyarankan pengemudi terhubung sehingga bisa meningkatkan keamanan, seperti pengereman otomatis dengan waktu yang hampir nol reaksi.

Truk Platoons ini dipandang sebagai bagian dari pendekatan industri transportasi yang terintegrasi untuk mengurangi CO2, termasuk desain Trailer, Bahan bakar alternatif, logistik dan infrastruktur.

Kemampuan Teknologi Platoons ini memerlukan kendaraan yang baru atau mungkin bisa juga dipasang. Selain itu pengemudi mungkin akan membutuhkan dukungan lisensi khusus untuk keterampilan baru yang diperlukan dan tanggung jawab tambahan saat berkendara menjadi pemimpin peleton.

CARA KERJA PLATOONING SISTEM (SCANIA TRUCKS)

One Response
  1. author

    Burhan SKVD4 months ago

    Luar biasa !

    Reply

Leave a reply "6 Truk Eropa Gunakan Teknologi Platoons Pertama Kali di Dunia"